Cara Install WordPress di Google Cloud

Cara Install WordPress di Google Cloud

Ketika membahas tentang Google Cloud, mungkin terlihat sederhana ketika bertanya dimana harus memilih hosting yang bagus. Banyak yang bilang penyedia jasa hosting lokal A, B, C atau yang internasional sekalian. Pertanyaan yang bisa mendapatkan jawaban yang sangat-sangat beragam. Saya sendiri sudah sejak 2013 menikmati pelayanan hosting lokal yang beragam dari yang 200 ribu-an hingga cloud VPS yang 2 juta-an per tahun. Namun tidak pernah terpikir untuk menggunakan salah satu penyedia hosting yang paling raksasa yaitu Google Cloud !

Ya.. selain memang mahal dan sulit melakukan setup-nya, Google sendiri memang tidak terlalu gencar promosi sebagai penyedia hosting untuk perusahaan kecil dimana hanya membutuhkan fasilitas hosting tidak terlalu tinggi. Namun karena ada tawaran gratis 300 USD dan berlaku hingga 1 tahun, akhirnya saya tertarik untuk mencobanya untuk website pribadi saya ini https://www.fikistiqlal.com/.

Tidak begitu banyak tutorial yang ada untuk melakukan setup di Google Cloud oleh karena itu saya mencoba berbagi saja bagi yang ingin mencoba (atau bahkan memang serius untuk selamanya).

Membuat Akun Google Cloud

 

Screenshoot dari Google Cloud bersama 300USD gratis
Screenshoot dari Google Cloud bersama 300USD gratis

 

Disini kita bisa mulai mendaftar dengan akun Gmail yang kita miliki dan dilanjutkan dengan membuat payment profile. Pada tahap ini kita akan diminta data-data kartu kredit untuk mendaftar pada akun google cloud. Tidak perlu panik karena tidak akan dikenai biaya ketika kita menggunakan produk apa pun tanpa seijin pemilik kartu kredit. Selain pakai kartu kredit juga bisa dilakukan dengan kartu virtual Jenius dari Bank BTPN.

Membuat Project Pada Google Cloud

Untuk tutorial ini saya akan membuat membuat sebuah website travel bernama Tripventuro dengan domain yang sudah saya beli sebelumnya. Karena sudah ada beberapa project sebelumnya maka akan berbeda sedikit tampilan yang ada ketika membuat project baru.

create project google cloud
Create Project Pada Google Cloud

 

memberi nama project google cloud
Beri nama Project yang akan dibuat (bisa nama domain atau apapun)

Menjalankan Google Cloud Launcher

Setelah itu kita bisa langsung menuju halaman menu Cloud Launcher untuk melakukan instalasi wordpress. Pada tutorial ini saya menggunakan salah satu launcher Bitnami yang merupakan paket launcher aplikasi populer untuk wordpress.

google cloud launcher
Menu Cloud Lancher

 

Lalu setelah memilih WordPress Certified by Bitnami kita bisa langung mengklik tombol Launch On Compute Engine. Setelah itu Google Cloud dan Bitnami akan melakukan instalasi otomatis di dalam project kita dalam beberapa menit.

Bitnami Launcher WordPress
Bitnami Launcher untuk meng-install WordPress

 

Opsi Setting WordPress Google Cloud Bitnami
Opsi Setting WordPress Bitnami pada Google Cloud

 

Selanjutnya kita akan diarahkan pada halaman setting untuk server kita. Disini saya memberi nama deployment name “tripventuro-wordpress” agar bisa diketahui secara mudah nantinya. Sehingga ketika saya mau instalasi¬† platform lain pada domain tripventuro dapat lebih mudah. Untuk Zone saya memilih “asia-southeast1-a” yang menurut dugaan saya letak server di Singapura agar dapat diakses lebih mudah dan cepat buat saya dan para pengunjung website nantinya. Sedangkan untuk Machine Type saya memilih yang paling murah yaitu “micro (1 shared vCPU) 0,6 GB”. Untuk Boot Disk Type saya memilih “SSD Persistent Disk” dengan Boot disk size “10GB”. Akhirnya dengan semua opsi pilihan tadi, saya dikenakan biaya 6,57 USD per bulan yang akan dikenakan pada akun cloud hosting saya. Tapi karena gratis untuk 300 USD maka nampaknya masih cukup hingga 12 bulan ke depan. Setelah semua setup dilakukan maka bisa dilanjutkan dengan meng-klik Deploy dan google cloud akan melakukan instalasi otomatis berikutnya selama beberapa menit.

Site Address WordPress dari Google Cloud

Akhirnya setelah setup selesai maka kita akan diberikan site address, admin url, admin user, dan admin password dari website wordpress yang sudah kita install.

install wordpress bitnami cloud
Detail akses website wordpress yang sudah berhasil di install

 

Setelah instalasi selesai kita bisa langsung melakukan akses ke dalam wordpress site dengan alamat URL yang sudah disediakan.

Selanjutnya: Cara Mengarahkan Nama Domain ke Google Cloud

fikistiqlal

Kreator konsep dan konten bidang pariwisata digital.

This Post Has 2 Comments

    1. Ah.. ini agak sulit.. rumornya bisa menggunakan kartu jenius dari BTPN

Tinggalkan Balasan

Tutup Menu