Cara Mengakses File WordPress Google Cloud Melalui Filezilla

Cara Mengakses File WordPress Google Cloud Melalui Filezilla

Menghubungkan Google Cloud dengan File Transfer Protocol Filezilla sangatlah penting. Terutama untuk website dengan intensitas tinggi. Kita dapat melakukan remote atas File WordPress yang tersimpan pada google cloud melalui Filezilla dan bisa menambah, mengurangi, atau merubah isi dari File WordPress yang kita miliki dengan leluasa.

Lihat Juga:

Cara Install Wordpress di Google Cloud

Cara Install WordPress di Google Cloud

Saya sendiri sudah sejak 2013 menikmati pelayanan hosting lokal yang beragam dari yang 200 ribu-an hingga cloud VPS yang 2 juta-an per tahun. Namun tidak pernah terpikir untuk menggunakan salah satu penyedia hosting yang paling raksasa yaitu Google Cloud !

2 comments
cara arahkan nama domain di google cloud

Cara Mengarahkan Nama Domain ke Google Cloud

Setelah membaca tutorial sebelumnya mengenai Cara Install WordPress di Google Cloud, maka kali ini akan dilanjutkan mengenai bagaimana kita mengganti wordpress ip address dengan nama domain yang kita inginkan atas situs website yang sudah kita install sebelumnya. Mengaktifkan DNS API Pertama-tama kita harus meng-enable DNS API pada project yang telah kita buat.   Setelah berada […]

0 comments
Cara Hilangkan Logo Bitnami Google Cloud

Menghilangkan Logo Bitnami (Instalasi WordPress di Google Cloud)

Ini adalah rangkaian tutorial Cara Install WordPress di Google Cloud. Silahkan juga lihat tutorial sebelumnya mengenai Cara Mengarahkan Nama Domain ke Google Cloud. Setelah nama domain kita diarahkan ke Google Cloud, maka kita bisa langsung menghilangkan logo Bitnami yang terdapat di pojok kiri bawah website kita. Akses SSH Google Cloud Untuk Menghilangkan Logo Bitnami Setelah […]

0 comments
Cara Menambahkan Free SSL Google Cloud

Menambahkan SSL Gratis di Google Cloud

Ketika kita menyewa shared hosting dengan fasilitas cPanel yang ditanamkan, kita bisa dengan mudahnya menginstalasi SSL Certificate terhadap domain atau add on domain yang kita miliki pada shared hosting tersebut. Bahkan beberapa provider hosting menyediakan fasilitas SSL Gratis dari Let’s Encrypt yang tidak terbatas. Sekarang ini SSL domain dengan ekstensi https:// sangatlah penting ketika membuat […]

0 comments

 

Install Filezilla dan PuTTygen untuk akses File WordPress

Pertama-tama, kita harus meng-install FILEZILLA dan PUTTYGEN ke dalam komputer kita. Tautan untuk men-download ada di bawah ini:

Download FileZilla Download PuttyGen

Copy dan Paste Public Key PuttyGen ke Metadata Google Cloud

Silahkan buka Filezilla dan Putty Gen secara bersamaan dan mulai tekan tombol generate key pada Putty Gen.

generate key pada putty
Klik Tombol Generate pada PuTTy

Setelah tombol generate di klik maka setelah itu akan muncul public key untuk kita salin dan tempel di Google Cloud meta kita. Setelah itu kita dapat menekan tombol save private key untuk disimpan di dalam komputer kita yang akan kita gunakan untuk FileZilla.

putty public key
Salin keseluruhan kode dalam box dari Putty

 

Selanjutnya kita dapat menyalin semua public key ke Google Cloud di halaman Compute Engine>Metadata. Pada halaman tersebut pilih tab SSH Keys dan add item atau edit dan salin kode public key dari Putty Gen seperti gambar di bawah ini:

Metadata SSH Keys Google Cloud
Tempelkan public keys yang disalin dari Putty Gen

 

Hubungkan Google Cloud dengan Filezilla

Setelah itu kita dapat menghubungkan Google Cloud dengan FileZilla dengan membuka Filezilla dan arahkan ke Edit>Setting>Connection>SFTP. Lalu kita bisa klik tombol add keyfile dan upload privatekey yang tadi kita generate dari Putty seperti gambar di bawah ini:

add keyfile SFTP FileZilla
Upload Keyfile ke dalam FileZilla

 

Setelah keyfile ter-upload, maka kita bisa memulai koneksi dengan mengetik sftp:// pada kotak Host: dengan menambahkan external IP address website kita di Google Cloud di filezilla dan mengisi username sesuai dengan Key comment yang ada pada PuttyGen.

Host username FileZilla File WordPress
Isi Host dan Username sesuai Putty Gen dan External IP pada Google Cloud

Setelah semua langkah dijalankan seharusnya semua file wordpress VM instance kita di Google Cloud sudah bisa diakses. Untuk instalasi WordPress yang dijalankan melalui Bitnami Launcher, lokasi file wordpress akan ada di:

/opt/bitnami/apps/wordpress

Merubah File Permission Untuk Memodifikasi Website Melalui FTP

Setelah selesai menghubungkan FileZilla dengan Google Cloud, biasanya bitnami masih tidak mengijinkan untuk melakukan pengubahan ataupun upload file melalui FTP. Demi keamanan yang kuat, akan ada file permission error pada saat kita melakukan perubahan atau penambahan pada File WordPress.

Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mengubah file permission untuk folder tertentu melalui SSH Terminal Google Cloud dan cukup mengetik command line ini:

sudo chmod -R 777 /opt/bitnami/apps/wordpress

lalu restart Apache dengan command line di bawah ini:

sudo /opt/bitnami/ctlscript.sh restart apache

Setelah semua selesai, kini kita bisa meng-upload plugins, HTML Google Analytic, Template, atau bahkan gambar-gambar melalui FileZilla.

 

fikistiqlal

Kreator konsep dan konten bidang pariwisata digital.

Tinggalkan Balasan

Tutup Menu