Cara Mengirim Email SMTP WordPress di Google Cloud

Cara Mengirim Email SMTP WordPress di Google Cloud

Bagi yang sudah terbiasa dengan instalasi website wordpress pada hosting lain mungkin tidak perlu melakukan pengaturan seperti ini. Pada Google Cloud Platform, cara mengirim email melalui metode wordpress tidak diperbolehkan demi keamanan. WordPress sendiri menggunakan fungsi email yang terdapat pada PHP untuk mengirimkan email.

Bagi beberapa yang menikmati shared hosting menggunakan cPanel, secara otomatis semua email (contact form, komentar post, dan lain sebagainya) akan terkirim melalui wordpress@namadomainkita.com. Pada cPanel hosting, kita juga dapat dengan mudah membuat alamat webmail degan ekstensi @namadomainkita.com. Namun untuk Google Cloud sendiri, ada metode tertentu yang harus dilakukan.

Ini adalah bagian tutorial dari Instalasi WordPress Pada Google CLoud

Plugin untuk Mengirim Email

Paling sederhana, kita akan melakukan pengiriman email website wordpress kita dengan menghubungkan akun gmail yang sudah kita miliki.

1. Download dan Install Plugin WP Mail SMTP

WP Mail SMTP

Dengan plugin ini, fungsi PHP mail wordpress akan digantikan dengan platform email resmi yang mendukung otentifikasi. Jika email yang akan kita kirimkan tidak memiliki otentifikasi resmi, maka biasanya email tersebut akan masuk ke dalam kategori SPAM dan bahkan tidak akan terkirim sama sekali.

2. Lakukan Pengaturan Plugin

Masuk ke halaman pengaturan SMTP Plugin di menu kiri admin wordpress tepatnya di : Setting>WP Mail SMTP. Masukkan akun email gmail yang akan digunakan (dalam tutorial ini saya menggunakan alamat email wonderfulwestjava.com@gmail.com). Pilih Google pada opsi mailer dan centang pilihan Return Path.

Google WP Mail SMTP

Aktivasi Developer Console Akun Gmail

Selanjutnya, kita harus mengaktifkan Developer Console kita pada Google pada alamat link ini: https://console.developers.google.com dan sign in menggunakan akun Gmail yang akan kita buat.

Buat project baru pada akun developer console dan aktifkan Gmail API.

Google API Gmail

 

Setelah Gmail API aktif, lanjutkan ke menu bar kanan menuju Credentials dan klik tombol Create Credentials lalu pilih opsi Help Me Choose.

Google API Credential Choose

 

Setelah itu akan tampil seperti gambar dibawah ini dan pilih Gmail API sebagai API yang akan kita gunakan. Pilih opsi Web Server (e.g. node.js, tomcat) untuk konfigurasi dan User Data sebagai pilihan akses. Lalu klik tombol What Credentials do I need?.

Google API Add Credential  

Maka berikutnya kita dapat mengisi Authorized JavaScript Origin dengan alamat lengkap domain kita, serta mengambil redirect URIs dari pengaturan plugin WP Mail SMTP yang sudah kita install dan langsung klik tombol Create Client ID.

0Auth 2.0 API Mail

redirect URIs WP Mail

Setelah itu kita akan diminta untuk mengisi product name dan isi sesuai dengan apa yang di inginkan lalu klik tombol Continue. Pada saat ada pilihan untuk men-download credentials, kita akan tinggalkan itu untuk sementara dan pilih opsi I’ll do this later.

Selanjutnya kita dapat menuju halaman Credentials pada menu bar Google Console meng-copy Client ID dan Client Secret yang kita miliki ke dalam isian WP Mail SMTP Plugin.

Client ID Secret WP Mail

Client ID Secret WP Mail add

Pada tahap akhir, kita cukup klik tombol Allow plugin to send emails using your Google account dan selanjutnya kita akan diminta verifikasi untuk sign in ke akun gmail kita agar dapat terhubung dengan plugin WP Mail SMTP.

 

fikistiqlal

Kreator konsep dan konten bidang pariwisata digital.

Tinggalkan Balasan

Tutup Menu