Cara Mengarahkan Nama Domain ke Google Cloud

Cara Mengarahkan Nama Domain ke Google Cloud

Setelah membaca tutorial sebelumnya mengenai Cara Install WordPress di Google Cloud, maka kali ini akan dilanjutkan mengenai bagaimana kita mengganti wordpress ip address dengan nama domain yang kita inginkan atas situs website yang sudah kita install sebelumnya.

Mengaktifkan DNS API

Pertama-tama kita harus meng-enable DNS API pada project yang telah kita buat.

API DNS Google Cloud
Menu Bar untuk mengaktifkan DNS API

 

Setelah berada di halaman dashboard API, kita tinggal meng-klik “ENABLE APIS AND SERVICES” dan mencari DNS API pada API Library yang ada. Hingga pada akhirnya kita menemukan Google Cloud DNS API seperti gambar dibawah ini.

API DNS google cloud
API DNS google cloud

 

Lalu kita dapat langsung meng-enable Google Cloud DNS API tersebut dan google akan melakukan setup dalam beberapa menit. Setelah proses tersebut selesai, kita langsung menuju menu kiri dan mencari Network Services>Cloud DNS untuk melakukan setup lebih lanjut.

Cloud DNS Setup
Menu Cloud DNS pada Networking Google Cloud

 

Setelah itu kita bisa langsung melakukan “create zone” sebagai langkah setup DNS untuk website dengan nama domain kita. Pada halaman “Create a DNS zone” saya memasukkan nama website bersama nama domain -nya ke dalam form dan klik tombol “create”. Pada gambar dibawah ini saya melakukan setup untuk alamat nama domain saya yang bernama Tripventuro dengan nama tripventuro.com.

DNS zone tripventuro
DNS zone untuk Tripventuro

 

Menambah Record Set DNS

Setelah itu kita akan diarahkan menuju halaman dimana kita akan melakukan pengaturan pada Record Set DNS untuk nama domain kita. Pada tahap ini kita hanya akan mengisi “IPv4 Address” yang sudah kita miliki pada saat instalasi wordpress menggunakan launcher Bitnami yang telah dijelaskan pada postingan sebelumnya. Apabila lupa maka dapat di cek pada menu Dashboard>Compute Engine>VM Instances dimana akan ada nomor IPv4 address dari website wordpress yang sudah ter-install seperti gambar di bawah ini.

External IPv4 Google Cloud
External IPv4 pada menu Compute Engine VM instances

Setelah itu cukup copy dan paste alamat IP address external tadi ke “record set” yang akan kita buat dan klik tombol “create”.

Menambahkan External IP Address pada record set
Menambahkan External IP Address pada record set

 

Menambah CNAME Record Set DNS

Langkah berikutnya kita akan menambahkan CNAME record untuk domain kita dengan alamat url www. Sama seperti metode sebelumnya yaitu dengan meng-klik tombol “add record set” dan arahkan opsi “Resource Record Type” ke opsi CNAME dan menambah www pada DNS name. Sedangkan untuk “Canonical name” cukup memasukkan nama domain yang kita miliki dan setelah semua di isi bisa langsung klik tombol “Create”.

Mengatur CNAME Records pada Cloud Google
Mengatur CNAME Records pada Google Cloud

 

Mengarahkan Nama Domain Kepada Nameserver Google Cloud

Selanjutnya kita tinggal mengubah nameserver pada pengaturan domain yang kita miliki agar mengarah ke nameserver Google Cloud. Karena saya membeli domain melalui niagahoster, maka saya akan masuk ke dashboard panel niagahoster dan merubah nameserver domain tripventuro.com.

Nameserver Niagahoster
Lokasi pengaturan nameserver untuk domain tripventuro.com di niagahoster

Pada pengaturan nameserver saya akan rubah isian sesuai dengan nameserver google cloud dimana website wordpress saya ter-install dan langsung melakukan update.

Merubah Nameserver Domain
Merubah Nameserver Domain

 

Perlu di ingat bahwa pengubahan nameserver dapat memakan waktu 1 sampai 2 hari agar website kita mengarah kepada domain yang telah kita ubah nameserver-nya. Jadi untuk sementara waktu kita bisa lakukan setup wordpress sambil menunggu proses tersebut.

Selanjutnya: Menghilangkan Logo Bitnami dan Menambahkan SSL pada Google Cloud

 

fikistiqlal

Kreator konsep dan konten bidang pariwisata digital.

Tinggalkan Balasan

Tutup Menu